Outing Class, Pembelajaran Berbasis Pengetahuan

"Kunjungan MTs Muhammadiyah Wonosari ke SMK Muhammadiyah 1 Playen"

 

Kemajuan dunia pendidikan ditandai adanya trend terbaru dari setiap sekolahan, trend yang seringkali menjadi idola setiap siswa. Outing class biasa disebutnya, pembelajaran ini dilakukan di luar sekolah sehingga menjadi daya tarik tersendiri oleh siswa-siswi masa kini. Selain menjadi wisata 'gratis', outing class juga mampu menciptakan ranah pengetahuan yang baru, baik dari segi akademik ataupun non-akademik. Sesuai dengan pengertian dan tujuannya, outing class memberikan manfaat yang berarti untuk siswa-siswi karena pembelajaran dilakukan dengan sangat efektif dan efisien. Selain itu, para siswa juga diberikan pembuktian langsung di lapangan.

Berdasarkan manfaat yang akan didapatkan setelah outing class, maka MTs Muhammadiyah Wonosari memutuskan melakukan kunjungan ke SMK Muhammadiyah 1 Playen. Kunjungan kali ini bertujuan untuk menjalin silaturahmi antar kepala sekolah,  antar guru, juga antar siswa sehingga terjalin komunikasi yang saling memberikan manfaat.

Kunjungan sekolah dilaksanakan pada hari Jumat, 26 Januari  2024 dengan membawa 125 siswa-siswi MTs Muhammadiyah ke SMK Muhammadiyah 1 Playen dengan beberapa agenda, dua  diantaranya adalah silaturahmi dan sharing  jurusan yang ada di SMK sesuai dengan sambutan Kepala SMK Muhammadiyah 1 Playen (Musplay).

"Kunjungan kali ini diharapkan mampu menjalin silaturahmi dan juga sharing sekolah (Musplay) yang nanti akan disampaikan oleh beberapa guru terkait setiap jurusan yang ada. Sekolah kami juga memiliki 850 siswa-siswi dari keseluruhan unit, baik  unit 1 ataupun unit 2," Ungkap Kepala SMK Muhammadiyah 1, Bapak Hj. Wadiyo, M. Pd.

Selain itu Beliau juga mengungkapkan mengenai fasilitas yang ada untuk menunjang keterampilan setiap siswa yang nantinya akan bergabung dengan Musplay.

"(Sekolah) kami juga menyediakan banyak fasilitas, hal ini untuk mendukung keterampilan yang dimiliki setiap siswa kami. Alat yang digunakan pun sangat beragam sesuai dengan jurusan yang ada di sekolah kami. Selain itu, di sekolah kami juga menerapkan kinerja yang sudah disesuaikan dengan budaya kerja industri sehingga diharapakan siswa-siswi nanti akan terbiasa dengan waktu dan sistem kerja di dunia nyata, " Ungkap Bapak Hj. Wadiyo, M. Pd. kembali.

Hal ini tentu menjadi angin segar bagi MTs Muhammadiyah karena pemaparan yang di utarakan oleh kepala Musplay terkait dengan sistem belajar juga fasilitas yang sangat mendukung keterampilan siswa-siswi. Selain fasilitas, lingkungan sekolah juga mendukung proses belajar mengajar, lingkungan yang asri, halaman yang luas, juga ketersediaan ruang praktik yang sangat lengkap. Berharap siswa-siswi MTs Muhammadiyah yang berencana atau bahkan akan melanjutkan study di Musplay akan betah dan menemukan passion tersendiri.

Bukan hanya mendapatkan pengalaman belajar yang menarik, namun siswa-siswi juga memiliki peluang yang besar untuk bergabung dengan perusahaan-perusahaan ternama di Indonesia, salah satunya perusahaan Polytron. Selain itu, untuk kedepannya SMK juga akan bekerjasama dengan Jerman terkait penyaluran kerja sembari belajar.

Pemaparan yang dijelaskan oleh pihak Musplay tentunya mampu menarik perhatian siswa Matsmuri dengan menyimak secara khusyuk.

Pernyataan yang sudah disampaikan oleh Kepala SMK kemudian ditanggapi oleh Kepala MTs Muhammadiyah Wonosari (Matsmuri), Bapak Triyono , S. Pd.I.

"Kunjungan kali ini selain menjalin silaturahmi juga dalam rangka untuk cek jurusan yang ada di Musplay, agar siswa kami (Matsmuri) bisa memilih dan menentukan jurusan sesuai bakat dan minat mereka, sehingga mendapatkan jenjang pendidikan yang mapan dan terjamin, " Ungkap Bapak Triyono, S. Pd.I. Hal ini mendapatkan apresiasi positif dari pihak Musplay.

Setelah beberapa rangkaian acara, Bapak Agus Priyo Wasono selaku pemandu outing class memaparkan jurusan yang ada di SMK Muhammadiyah 1 Playen sembari mengajak siswa-siswi mengunjungi tempat praktik, baik di kampus 1 ataupun kampus 2. Adapun jurusan Musplay yang akan dikenalkan sebagai berikut;

1. Teknik Kendaraan Ringan

Pada ruang praktik jurusan ini disediakan beberapa alat atau mesin ringan yang digunakan untuk mengaplikasikan teori yang telah didapat di ruang kelas. Guru yang sedang berada disitu juga memberikan sedikit penjelasan mengenai fungsi dan cara pengopreasian masing-masing alat.

2. Teknik dan Bisnis Sepeda Motor.

Ruang praktik untuk jurusan ini terlihat lebih luas dibanding dengan jurusan lainnya, di dalamnya ada beberap stan yang mendukung jurusan ini, antara lain laboratorium praktik kelistrikan, laboratorium praktik mesin, dan juga ruang teori. Serta disediakan beberapa sampel motor yang bisa dimodifikasi atau bisa diotak-atik oleh siswa.

3. Teknik Permesinan

Seperti jurusan lainnya, jurusan teknik permesinan pun menyediakan alat untuk mendukung pembelajaran. Beberapa mesin besar yang digunakan juga terlihat canggih dan tampak menarik.

4. Teknik Audio-Video

Jurusan ini disediakan beberapa perangkat komputer, juga ruangan praktik tersendiri untuk mempresentasikan tugas yang diberikan oleh guru. Ruangan yang nyaman dan bersih tentu menjadi daya tarik tersendiri untuk jurusan ini.

5. Teknik Komputer dan Jaringan

Jurusan ini hampir sama dengan jurusan teknik audio-video, disediakan beberapa komputer untuk mendukung kinerja siswa dalam mengaplikasikan teori yang diberikan di kelas. Jurusan ini bekerja sama dengan salah satu perusahaan elektronik ternama, yaitu Polytron.

Penjelasan yang disampaikan oleh Bapak Agus tersebut diharapkan mampu menggaet siswa-siswi untuk menentukan pilihannya di SMK Muhammadiyah 1 Playen demi masa depan dan jenjang karir yang lebih terjamin kedepannya.

Terakhir kegiatan penutup outing class dengan penyerahan secara simbolis bantuan berupa uang tunai kepada Kepala MTs Muhammadiyah, Bapak Triyono, S. P.d.I. Bantuan yang diberikan ini diharapkan mampu bermanfaat untuk MTs Muhammadiyah Wonosari terutama terkait pembangunan front office yang sudah mencapai beberapa persen proses pembangunannya.

0 comments:

Posting Komentar

 
MATSMURI © 2010 | Alamat : Jl. Alun-Alun Barat No.09 Wonosari,Gunungkidul, D.I.Yogyakarta | Telp : (0274) 392952.
Top