Matsmuri Adakan Capacity Building di New River Moon Klaten, Kepala Madrasah: Semoga semakin kompak

Wonosari (Matsmuri) – Capacity Building, tentunya sudah bukan hal yang asing bagi sebuah intansi, baik instansi pendidikan maupun non-pendidikan. Menurut beberapa sumber, Capacity Building adalah upaya untuk meningkatkan kapasitas individu, kelompok, atau organisasi dalam mencapai tujuan dan visi mereka yang bertujuan untuk memperkuat kemampuan individu atau kelompok dalam menggunakan sumber daya yang ada untuk mengatasi masalah atau kebutuhan yang mereka hadapi. MTs Muhammadiyah Wonosari (Matsmuri) juga melaksanakan Capacity Building setiap tahunnya. Kegiatan ini dilaksanakan selain untuk mempererat silaturahmi antar tenaga pendidik dan kependidikan juga untuk meningkatkan kerjasama, kekompakan sekaligus sebagai media untuk me-refresh semangat dan pikiran guna mewujudkan kinerja yang optimal dan efektif. Capacity Building MTs Muhammadiyah Wonosari dilaksanakan di New River Moon Klaten pada Sabtu (13/12/2024).

Kegiatan Capacity Building diikuti oleh seluruh tenaga pendidik dan kependidikan MTs Muhammadiyah Wonosari. Diawali dengan berkumpul di madrasah pukul 05.45 WIB kemudian berangkat pukul 06.00 WIB. Tiba di New River Moon Klaten pukul 08.00 WIB. Dilanjutkan dengan kegiatan outbond. Di sini seluruh peserta kegiatan diuji kekompakan, kerjasama dan chemistry. Outbond ini juga bermanfaat untuk melatih otak kanan dan otak kiri yang dipimpin langsung oleh tim outbond yang telah disediakan oleh manajemen New River Moon Klaten. Seluruh peserta sangat bersemangat dan antusias dalam mengikutinya. Pukul 10.00 WIB peserta diajak untuk River tubing. Sebelumnya peserta diminta memakai pelampung dan helm untuk keamanan. Setelahnya diberikan pengarahan dalam penggunaan ban ketika telah terjun ke sungai. Sekitar kurang lebih satu setengah jam, peserta Capacity Building ini menyusuri sungai sepanjang 2km dengan didampingi oleh profesional. Setelah sampai di batas atau finish peserta kembali ke pondok di area New River Moon Klaten dengan menaiki pick up. 

Triyono, S.Pd.I, selaku Kepala Madrasah MTs Muhammadiyah Wonosari menyampaikan, “Capacity Building ini merupakan agenda tahunan MTs Muhammadiyah Wonosari, tepatnya setiap satu tahun sekali dan dilaksankan pada awal semester. Tujuan kegiatan ini selain sebagai ajang silaturahmi, juga untuk mempererat kekompakan dan kerjasama. Tentunya setelahnya dapat meningkatkan semangat, menyegarkan kembali pikiran untuk terwujudnya kinerja yang optimal, efektif dan kreatif. Dengan adanya kegiatan ini semoga seluruh tenaga pendidik dan kependidikan Matsmuri bisa semakin semangat dan kompak sehingga program yang telah tersusun bisa berjalan dengan baik dan lancar”, ujarnya.

Capacity Building diakhiri dengan foto bersama di area New River Moon Klaten. Pukul 15.30 WIB seluruh peserta Capacity Building tiba di madrasah tentunya dengan wajah yang lebih sumringah, semangat yang baru serta pikiran dan tenaga yang lebih segar. (nhn)


0 comments:

Posting Komentar

 
MATSMURI © 2010 | Alamat : Jl. Alun-Alun Barat No.09 Wonosari,Gunungkidul, D.I.Yogyakarta | Telp : (0274) 392952.
Top