Parenting  Wali Siswa Matsmuri, Ibu Asar: Ibu adalah Madrasah Pertama

Wonosari (Matsmuri) – Parenting, bukanlah hal yang asing lagi bagi khalayak luas saat ini. Bahkan, parenting saat ini sudah sering diadakan di sekolah atau madrasah dengan mengundang wali siswa dan mendatangkan narasumber yang ahli di bidangnya. Namun, nyatanya parenting memang perlu adanya bagi sekolah atau madrasah. Tujuannya,  selain untuk mengetahui pola asuh yang diterapkan orangtua di rumah juga bisa untuk membangun sinergitas antara orangtua dan pihak sekolah. MTs Muhammadiyah Wonosari, baru-baru ini juga menggelar parenting dengan mengundang orang tua siswa pada Rabu (5/8/2023). Narasumber yang didatangkan yaitu Ibu Asar Janjang Lestari, S.Psi., MAP yang merupakan pegawai BKKBN Jogja.

Ibu Ashar Janjang Lestari, S.Psi., MAP sebagai narasumber menyampaikan,”Ibu merupakan madrasah pertama bagi anak. Orangtua dapat mempersiapkan anak untuk menghadapi zaman agar tidak ketinggalan dalam perubahan zaman dan tetap mempunyai unggah ungguh. Izinkan anak dalam hidup mandiri namun jangan sampai lepas dalam pengawasan orangtua, selain itu orang tua wajib menjadi teman terdekat bagi anak, agar anak tidak sungkan dalam bercerita apabila sedang mengalami masalah. Membatasi amarah pada anak dan memperkuat bahasa cinta dengan anak merupakan salah satu cara agar anak bisa dekat dengan kita orangtua”,ujarnya.

Ibu Ashar juga menambahkan,”Dekat dengan anak bisa dilakukan  dengan cara : 1. sugestikan bahwa anak adalah amanah dari Allah SWT, 2. tulus dalam mengasuh anak, 3. ekspreksikan dan ungkapkan pujian serta kata sayang pada anak, 4. berikan aktifitas postif yang merupakan kesenangan anak, 5. melayani kebutuhan anak, 6. luangkan waktu berkualitas baik fisik maupun psikis”, tambahnya.

Kepala Madrasah MTs Muhammadiyah Wonosari, Triyono, S.Pd.I juga menyampaikan, “Terimakasih kepada Bapak/Ibu orangtua wali siswa kelas 7,8, dan 9 yang telah meluangkan waktu untuk dapat hadir di acara parentingini. Kami pihak madrasah mengundang Bapak/Ibu sekalian selain untuk tetap terjalinnya silaturahmi antara orangtua dengan pihak madrasah, hal ini juga untuk menambah pengetahuan dan terjalinnya komunikasi yang baik antara orangtua dan pihak madrasah. Parenting ini juga sangat penting bagi kedua belah pihak agar apabila terjadi masalah dengan siswa akan ada sinergitas dan bisa mencari solusi yang terbaik. Di sini kami juga belajar agar pola asuh yang telah Bapak/Ibu terapkan di rumah bisa kami ketahui dan kami juga bisa lebih paham dalam membimbing putra-putri Bapak/Ibu yang telah diamanahkan kepada kami”, ungkapnya.

Selanjutnya acara ini juga ditutup dengan informasi terkait perizinan ketidakhadiran siswa dan kegiatan akademik maupun non-akademik yang dilaksanakan oleh madrasah. Serta pesan dari Kepala Madrasah dan pesan kesan dari orangtua wali terkait kegiatan ini. (nhn) 

0 comments:

Posting Komentar

 
MATSMURI © 2010 | Alamat : Jl. Alun-Alun Barat No.09 Wonosari,Gunungkidul, D.I.Yogyakarta | Telp : (0274) 392952.
Top