Excellent and Smart Class Matsmuri Studi Budaya ke Desa Wisata Pule Sari Sleman

Wonosari (Matsmuri) – Excellent and Smart Class merupakan salah satu Program Unggulan MTs Muhammadiyah Wonosari (Matsmuri) yang telah berjalan selama tiga tahun. Program Unggulan ini merupakan salah satu program yang tergolong sukses. Dalam pelaksanaan program ini tidak hanya untuk meningkatkan nilai akademik saja dengan tambahan jam belajar pada hari Rabu dan Kamis, tetapi juga ada pengembangan karakter didalamnya. Studi Budaya salah satu kegiatan yang dipilih oleh madrasah untuk bisa membentuk karakter siswa. MTs Muhammadiyah Wonosari melaksanakan Studi Budaya bagi siswa Program Excellent dan Smart Class ke Desa Wisata Pule Sari, Sleman pada Kamis (22/02/2024).

Tujuan dilaksanakannya Studi Budaya adalah untuk meningkatkan motivasi dan semangat belajar siswa, meningkatkan kerjasama, serta menjalin keakraban antar siswa Program Excellent dan Smart Class. Pelaksanaan ini dimulai dengan apel keberangkatan pada pukul 06.00 WIB yang dipandu langsung oleh Kepala Madrasah. Kemudian, para peserta diminta untuk naik ke bus yang telah disediakan sesuai dengan pembagian bus oleh panitia. Para peserta tentunya didampingi oleh pendamping yang merupakan guru pengampu Program Excellent dan Smart Class. Pukul 08.30 WIB para peserta tiba di lokasi dan di sambut oleh tim Fasilitator DesaWisata Pule Sari. Peserta disambut dengan pembagian snack dan kemudian diajak untuk bermain game sebelum masuk ke kegiatan inti. Dalam permainan ini, peserta mengikuti dengan sangat antusias, semangat dan ceria.

Masuk ke kegiatan inti, peserta diajak untuk menyusuri sungai dengan melewati berbagai rintangan yang memacu adrenalin.  Di sini sangat terlihat sekali keakraban yang secara alami tercipta dari setiap rintangan yang dilewati. Setelahnya, akhir dari rangkaian kegiatan peserta diajak untuk menyusuri sungai yang tak kalah seru dan menyenangkan. Kegiatan berakhir pukul 13.00 WIB, dilanjutkan para peserta untuk membersihkan diri dan makan siang bersama untuk menambah keakraban. 

Triyono, S.Pd.I selaku Kepala Madrasah MTs Muhammadiyah Wonosari menyampaikan, “Kegiatan Studi Budaya ini merupakan program yang ada di madrasah kami. Studi Budaya merupakan salah satu kegiatan yang kami pilih dengan tujuan agar siswa kembali memiliki motivasi dan semangat belajar. Nilai tambahnya adalah siswa bisa semakin akrab dan dan bisa memiliki karakter menghargai dan toleransi terhadap teman. Kegiatan ini juga bisa meningkatkan kerjasama baik bagi siswa, panitia penyelenggara maupun keduanya. Hal ini nantinya bisa menciptakan kekeluargaan yang erat sehingga Program Unggulan Excellent dan Smart Class bisa berjalan dengan baik dan lancar.Itulah harapan kami dari pelaksanaan kegiatan ini”, ungkapnya.

Kegiatan Studi Budaya ditutup dengan mengunjungi Malioboro sebagai tempat untuk membeli buah tangan bagi keluarga. Pukul 17.30 WIB peserta tiba di halaman madrasah. Harapannya dengan motivasi, semangat belajar serta hati yang gembira untuk menyambut hari berikutnya. (nhn) 

    

Next
This is the most recent post.
Previous
Posting Lama

0 comments:

Posting Komentar

 
MATSMURI © 2010 | Alamat : Jl. Alun-Alun Barat No.09 Wonosari,Gunungkidul, D.I.Yogyakarta | Telp : (0274) 392952.
Top